Cara stabilkan tanah tebing dengan Geogrid

Cara stabilkan tanah tebing dengan Geogrid

Stabilkan tanah tebing menggunakan Geogrid

Masalah yang sering dihadapi oleh masyarakatt yang tinggal di daerah perbukitan adalah tanah longsor. Hal ini akan semakin parah apabila masyarakat tidak peduli dengannya.

Misalnya dengan menebang pohon-pohon yang sejatinya digunakan untuk penahan tanah. Sebanarnya tidak alasan untuk menebang jika akhirnya itu akan membahayakan kita.

Sudah tidak terhitung korban dan kerugian akibat tanah longsor ini. Sehingga dibutuhkan tindakan preventif yang nyata. Baik dari sisi masyarakat sendiri maupun dari pemerintah.

Dari sisi masyarakat tentunya harus proaktif menjaga tebing tanah agar tidak mudah longsor dengan penanaman pohon yang bisa menahan tanah.

Sedangkan dari sisi pemerintah, sebaiknya mulai membuat program penguatan tebih tanah untuk daerah-daerah rawan dengan menggunakan produk yang benar-benar terjamin keampuannya. Dan sejauh ini, kami melihat Geogrid adalah salah satu pilihan terbaik.

Selain itu pemerintah juga perlu meninjau izin pemukinan rumah minimalis yang sangat muda mendapatkan izin lantaran keuntungannya besar. Padahal berpontensi merusak lingkungan.

Ada banyak sekali kelebihan geogrid ini dibandingkan produk serupa dipasaran. Sehingga membuatnya menjadi pilihan utama saat membangun bangunan penahan tebing. Beberapa diantaranya adalah :

geogrid penahan tebing
Gambar : Geogrid Penahan Tebing

Kuat Tarik yang sangat tinggi

Dengan kekuatan Tarik yang sangat tinggi ini, tentu geogrid mampu menahan beban yang sangat besar dan dinamis. Sangat cocok digunakan di daerah tebing dengan curah hujan yang tinggi.

Dengan segudang kelebihan, tidak membuatnya sulit dalam pemasangan. Dengan desain dan rancangan yang sederhana, membuat Geogrid sangat mudah dan cepat pada saat proses pemasangan.

Jika kita membandingkan material geogrid ini dengan material beton, maka geogrid jauh lebih hemat. Sehingga dari sisi nilai ekonomis geogrid menjadi pilihan yang sangat tepat.

Geogrid juga sangat cocok digunakan di daerah gempa. Karena memang sangat tahan terhadap gaya dinamis seperti air dan gempa.

Yang paling penting dari Geogrid ini adalah Harga Geogrid yang sangat terjangkau. Anda bisa menggunakan material geogrid ini sebagai penahan tanah yang sangat bisa diandalkan.

Berdasarkan bentuk serta ukuran dari Geogrid ini, setidaknya dibagi menjadi 3 bagian, diantaranya adalah :

Geogrid Triax

Merupakan geogrid yang memiliki bentu segitiga. Ukuran bukaannya bisa disesuaikan dengan kebutuhan saat akan digunakan. Hal ini membuatnya menjadi lebih fleksibel dan sesuai dengan kebutuhan.

Geogrid Uniaxial

Adalah Geogrid dengan bukaan tunggal sedikit memanjang. Jika dilihat secara visual maka terlihat seperti ruas-ruas.

Geogrid Biaxial

Geogrid Biaxial adalah jenis geogrid dengan bukaan seperti persegi. Ukuran bukaan biasanya tidak terlalu besar.

Untuk anda yang ingin mendapatkan kualitas geogrid untuk penggunaan yang tepat, silahkan hubungi kami melalui kontak yang tersedia

Sebenarnya dari sisi bentuk, Geogrid ini mirip-mirip dengan drainage Cell. Karena memang terbuat dari bahan yang tidak terlalu berbeda.

Nah, pemerintah bisa menggunakan bahan material Geogrid ini untuk mengurangi angka korban dan kerugian karena tanah yang turun akibat alam dan ulah manusia itu sendiri.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *